Ayo Kenali dan Hindari Fad Diet!

Firdaus45.com - Kamu tahu apa itu fad diet? Fad diet adalah sebutan bagi diet yang menjanjikan hasil penurunan berat badan dalam jumlah banyak dan dalam waktu cepat. Berat badan yang berhasil diturunkan biasanya tidak bertahan lama.

Fad diet biasanya tidak sehat, bahkan ada yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, banyak yang bertentangan dengan logika dan biokimia dasar. Fad diet menjadi populer karena menjanjikan hasil yang cepat dan relatif mudah dijalani.

Hampir semua fad diet tidak mempromosikan penurunan berat badan yang wajar dan sehat. Penurunan berat badannya hanya bekerja untuk jangka pendek.


Fad diet sendiri mempunyai banyak bentuk. Ada fad diet yang mempromosikan mengonsumsi makanan tertentu/spesifik (diet Cabbage Soup, diet Drinking Man, diet Grapefruit), kombinasi makanan tertentu (diet Zone), dan makan pada waktu tertentu (diet Rotation).

Beberapa fad diet lain yang populer merekomendasikan untuk menghindari makanan tertentu. Misalnya menghindari karbohidrat pada diet Atkins, diet Protein Power, diet Carbohydrate Addicts, diet Life Without Bread, dan diet Sugar Busters.

Jenis diet yang lain merekomendasikan makan sesuai golongan darah (diet Eat Right for Your Type), makan seperti manusia gua (diet Neanderthin). Menggunakan embel-embel nama selebriti (diet Suzanne Somer’s Get Skinny on Fabulous Food), embel-embel nama tempat terkenal (diet Beverly Hills, diet South Beach), embel-embel nama organisasi/perusahaan (diet GM).

Apakah fad diet ampuh mengatasi kegemukan? Tidak juga. Jika fad diet memang betul-betul ampuh, seharusnya masalah obesitas sudah teratasi sejak lama.

Beberapa fad diet bertahan kepopulerannya selama bertahun-tahun. Buku-buku diterbitkan dengan keterangan “baru, revisi”, dan terjual laris. Sayangnya, tidak ada yang baru atau revisi pada dietnya, hanya untuk menarik generasi baru obesitas dan para pelaku diet yang frustasi.

Alasan yang mendasari mengapa fad diet dapat menurunkan berat badan adalah karena asupan kalori dikurangi. Ketika asupan energi kurang dari pengeluaran energi, maka berat badan akan turun.

(Baca: Bahaya kekurangan energi saat hamil)

Fad diet yang mengurangi pemasukan kalori, entah dengan menghindari karbohidrat, makan sup kubis sepanjang hari, atau menambahkan grapefruit (jeruk besar) setiap kali makan, akan menurunkan berat badan. Jika dilakukan dalam jangka panjang memang bisa menjaga berat badan.

Tentu saja, hampir tidak ada yang mau selamanya makan sup kubis, atau selamanya pantang karbohidrat. Sehingga orang akhirnya berhenti berdiet dan berat badannya naik kembali seperti sebelum diet, bahkan ada yang beratnya naik melebihi semula. Belum lagi jika ditinjau dari segi kesehatan.

Cara Mengenali Fad Diet

American Heart Association memberikan beberapa tips untuk mengenali fad diet.
  1. Apakah pada diet itu ada semacam makanan ajaib? Tidak ada makanan super atau bahan makanan ajaib yang bisa menghapuskan efek jangka panjang dari makan berlebihan dan kurang aktivitas.
  2. Hati-hati terhadap diet yang mengklaim penurunan berat badan yang cepat (misal, 7 kg dalam seminggu). Meskipun kelihatannya menarik, berat badan turun disebabkan hilangnya cairan, bukan lemak. Program penurunan berat badan yang baik menargetkan tidak lebih dari sekitar 0,5 – 1 kg per minggu.
  3. Ciri lain dari fad diet adalah menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa faktor yang paling penting untuk keberhasilan jangka panjang penurunan berat badan adalah aktivitas fisik.
  4. Waspadai juga aturan mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah yang tak wajar, atau pantang makanan tertentu. Misal sup kubis untuk sarapan, makan siang, dan makan malam; pantang produk susu; pantang karbohidrat.
  5. Melarang makanan tertentu atau seluruh kelompok makanan, selain menjadi tidak sehat, dapat meningkatkan kemungkinan bahwa seseorang akan curang/cheating, makan dengan serakah, atau menyerah berdiet.
  6. Menu dan jadwal makan yang ketat dan menyiksa. Diet yang baik adalah yang dapat diikuti seumur hidup, bukan hanya seminggu atau sebulan.
Fad diet tidak direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, karena tidak berlaku untuk jangka panjang. Memang berat badan akan turun dalam waktu singkat, namun percuma jika setelah diet berakhir berat badan kembali naik seperti semula.

Semakin diulang, penurunan berat badan akan semakin sulit, akhirnya menimbulkan frustasi, rasa bersalah, dan hilangnya kepercayaan diri.

Dari sudut pandang gizi, banyak fad diet yang kekurangan nutrisi penting. Misalnya, diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat (seperti diet Atkins) yang rendah vitamin E, A, tiamin, B6, folat, kalsium, magnesium, besi, seng, kalium, dan serat makanan.

Baca: Jumlah porsi nutrisi ideal bagi tubuh

Selain itu, juga tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Di sisi lain, ketika orang diperbolehkan untuk memilih makanan dari semua kelompok makanan, diet mereka cenderung bertahan jangka panjang dengan gizi yang memadai dan sehat.

Kesimpulannya, kebanyakan fad diet tidak menghasilkan penurunan berat badan jangka panjang, dan sering tidak mengandung nutrisi yang memadai untuk dijalani dalam jangka panjang.

No comments

Haid

Kecantikan

Ibu dan Bayi

Wisata