3/22/2017

Jangan lupa perhatikan kesehatan hewan peliharaan Bila waktu melahirkan sudah dekat

Firdaus45.com - Bagi Anda, calon ibu yang memiliki hewan peliharaan dan waktu melahirkan sudah dekat, jangan pernah lupa untuk merawat kesehatan hewan peliharaan kesayangan Anda.

Sayang terhadap hewan peliharaan boleh-boleh saja dilakukan bagi ibu hamil. Namun, menjaga kesehatan janin atau calon bayi adalah hal yang jauh lebih penting.

Bila sanggup, sebaiknya jangan memeliharan hewan peliharaan bila memiliki Anak kecil atau bayi.

Hampir dari banyak literatur menyebutkan bahwa hewan peliharaan pastilah membawa penyakit.

Salah satu penyakit dari hewan peliharaan yang paling ditakuti adalah toksoplasma.

Toksoplasma merupakan suatu penyakit yang ditularkan oleh protozoa Toksoplasma gondii melalui daging dan kotoran hewan yang terinfeksi.

Toksoplasma biasanya menulari orang yang suka memakan daging mentah, yang tidak dimasak dengan kematangan sempurna, yang tidak menjaga kebersihan badan serta lingkungannya dan yang gemar berkebun.

Hampir semua hewan berdarah panas dapat menjadi inang dari parasit Toksoplasma gondii ini.

Salah satunya adalah kucing, namun tidak hanya kucing saja yang dapat dijadikan sebagai inang parasit toksoplasma gondii. Ayam, bebek, kelinci, anjing terlebih-lebih babi juga dapat menjadi inang dan dapat menularkan penyakit toksoplasma kepada keluarga Anda bila tidak rutin menjaga kebersihan.

Selain melalui hewan, penularan juga dapat  melalui makanan dan kotoran hewan. Penularan ini dapat terjadi bila Anda memasak daging yang kurang matang dan tidak dicuci dengan bersih, atau tangan yang tidak dicuci dengan bersih ketika selesai berkebun.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita melakukan antisipasi sebelum penyakit-penyakit yang ditularkan oleh hewan peliharaan benar-benar menyerang buah hati Anda.

Menjaga kesehatan hewan peliharan sejak dini adalah hal yang paling bijak bila Anda tidak sanggup untuk menjual hewan peliharaan kesayangan Anda.

Tapi tenang saja, bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar hewan peliharaan tetap sehat, buah hati juga sehat. Yuk simak penjelasannya
  1. Bawa hewan peliharaan Anda secara rutin periksa ke dokter hewan. Pemeriksaan secara rutin bertujuan untuk mengetahui dan mengantisipasi bila hewan peliharaan mulai menunjukkan gejala tidak sehat.
  2. Usahakan dan ajarkan hewan peliharaan Anda untuk tidak memasuki ruangan rumah terutama ruangan tempat buah hati Anda tidur. Jika bisa, tempatkan hewan peliharaan Anda ke dalam ruangan khusus dan jangan biarkan berkeliaran di jalanan.
  3. Rajinlah-rajinlah menjaga kebersihan hewan peliharaan Anda, baik itu kandang, bulu, kuku dan semuanya jangan sampai terlewatkan.
  4. perhatikan makanan yang dikonsumsi oleh hewan peliharaan Anda. Berikan makanan dengan kualitas terbaik, atau setidaknya sehat untuk peliharaan Anda.
  5. Sterilisasi hewan peliharaan Anda, baik menggunakan vaksin ataupun suntikan.
  6. Ajarkan hewan peliharaan Anda untuk tidak menggigit majikannya.

0 komentar

Post a Comment