12/03/2016

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan / Haid Secara Cepat dan Alami

Firdaus45.com - Tips Mudah Atasi Telat Datang Bulan Bagi Anda yang Sering Mengalaminya.  Bagi sebagian wanita, siklus menstruasi terkadang berjalan sesuai dengan jadwal, terkadang pula tidak sesuai dengan jadwal. Haid seringkali maju, namun lebih sering telat. Keterlambatan datang bulan inilah yang menyebabkan seorang wanita harus pandai-pandai mensiasati bila sewaktu-waktu tamu bulanan datang padanya.

Penyebab telat haid secara umum tidak dapat disamakan antara wanita yang satu dengan wanita yang lainnya. Banyak kemungkinan yang menjadi penyebab seorang wanita mengalami telat datang bulan, dan biasanya kebanyakan orang menganggap bahwa telat datang bulan merupakan tanda awal kehamilan.

Memang benar bila telat menstruasi merupakan tanda awal kehamilan. Akan tetapi, tanda kehamilan biasanya akan dibarengi dengan gejala yang lainnya seperti mual, muntah, sakit kepala, demam, badan cepat lelah dan lain sebagainya.



Lantas, Apa yang Menjadi Penyebab Terlambat Datang Bulan pada Seorang Wanita?

Menstruasi pada seorang wanita terjadi karena terjadinya peluruhan dinding pada bagian dalam rahim. Darah haid yang keluar merupakan darah dari sel telur yang tidak dibuahi dan hal ini berbeda dengan kasus anovulasi (sel telur yang gagal matang). Ovarium secara teratur akan menghasilkan sel telur, bila ovarium terlambat menghasilkan sel telur maka akan terlambat pula sinyal yang dikirimkan ke rahim sehingga menyebabkan keterlambatan menstruasi. 

Bagi yang menginginkan untuk cepat hamil, hal ini tentu akan menjadi masalah utama. Karena dengan masalah ini, pasangan tersebut akan kesulitan untuk menentukan masa subur. Pada kasus normal, seorang wanita biasanya memilki siklus menstruasi setiap 28 hari.
Adakah faktor lain yang menyebabkan menstruasi sering terlambat? Mungkin penjelasan di bawah ini akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Masalah yang pertama adalah masalah psikis.
Rasa stres pada seorang wanita kemungkinan besar berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita. Ketika stres, biasanya seseorang akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Gangguan keseimbangan hormon juga menjadi salah satu penyebab anovulasi yaitu PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Polycystic Ovary Syndrome sendiri dapat mengakibatkan hormon kesulitan mengatur keseimbangan pelepasan sel telur, haid tidak teratur dan tentunya infertilitas.

Faktor Usia
Perubahan usia menjadi sangat krusial bagi kesuburan seseorang, baik wanita dan pria. Pada usia remaja, hormon tubuh seringkali mengalami perubahan, penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormon terkadang juga dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi.

Pada usia 45-55 tahun merupakan awal seorang wanita memasuki masa menopause. Perubahan ini akan membuat tubuh kembali mengalami masa perubahan yang juga menyebabkan haid tidak lancar bahkan sudah tidak lagi mengalami menstruasi karena tidak lagi memproduksi sel telur. Sehingga bagi Anda yang sudah memasuki usia 45-55 ada kemungkinan bahwa masa menopause sudah terjadi pada diri Anda. Sebaiknya tanyakan pada dokter agar lebih jelas.

Faktor PCOS
Diatas sudah disebutkan sedikit mengenai PCOS atau polycystic ovary syndrome.  Ketika seorang wanita mengalami PCOS, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron ketimbang hormon wanita Estrogen dan Progesteron.

PCOS ini akan mengakibatkan ovum tidak mampu lagi memproduksi sel telur secara sempurna. Sehingga proses ovulasi tidak dapat terjadi yang pada ujungnya menstruasi tidak dapat terjadi. Selain itu, juga akan berdampak pada telah haid dalam waktu yang cukup lama, bisa hitungan minggu bahkan hitungan bulan. Lebih buruk lagi, hal ini akan menyebabkan seorang wanita susah mendapatkan keturunan.

Faktor berat badan
Berat badan yang berubah secara mendadak juga dapat menjadi penyebab keterlambatan datang bulan. Alasannya adalah, berat tubuh dibawah ideal akan menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal, termasuk juga pada organ kewanitaan. Sedangkan jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin karena tubuh memutuskan bahwa sedang tidak berada dalam kondisi ideal untuk memiliki keturunan.

Saat tubuh mengalami penambahan berat badan secara pesat, hormon insulin juga akan mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan hormon-hormon lainnya.

Faktor Kelainan
Kelainan di sini dibedakan menjadi dua macam, yaitu kelainan anatomi dan non-anatomi.

Kelainan anatomi lebih disebabkan karena faktor penyakit kista ovarium (kista indung telur), myoma uteri, dan juga kanker yang bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda.

Sedangkan untuk faktor non-anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah dijelaskan. Faktor non-anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan dengan Metode Alami
Faktor penyebab telat haid di atas memang tidaklah sama bagi setiap wanita. Namun bila Anda mengalami masalah telat menstruasi, yang pertama harus Anda lakukan adalah tetap tenang dan sebisa mungkin hindari rasa stres.

Hindari berpikiran negatif yang terlampau jauh sebelum fakta-fakta terkait keterlambatan datang bulan yang sedang Anda alami. Untuk itu, ada baiknya bila Anda selalu mengecek kondisi tubuh Anda, baik dari segi mental, kebugaran, asupan nutrisi dan vitamin atau yang lainnya.

Rasa stress ditambah penat akibat aktivitas yang terlampau diporsir juga menjadi penyebab perubahan hormon pada seseorang. Dan bisa jadi inilah yang menjadi penyebab telat haid yang Anda alami.  Bila masalahnya adalah faktor psikologis, maka yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri Anda, hibur, dan pulihkan kondisi mental Anda dengan cara-cara yang Anda sukai. Usahakan juga untuk tetap mencukupi kebutuhan tidur Anda.

Melancarkan atau bahkan mempercepat haid agar siklusnya kembali normal dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat, merupakan upaya yang dapat Anda lakukan supaya menstruasi lancar.

Beberapa makanan dan minuman memang dipercaya dapat memperlancar haid, salah satunya adlah jeruk nipis. Dengan rajin mengonsumsi perasan air jeruk nipis akan membantu anda menormalkan kembali siklus haid Anda. Tidak hanya itu saja, rutin mengkonsumsi air jeruk nipis juga akan membantu Anda menjaga daya tahan tubuh Anda, mencukupi kebutuhan vitamin C.

Tidak hanya dengan jeruk nipis, bila Anda gemar mengkonsumsi jamu paitan, segelas air rebusan daun sirih juga dapat membantu Anda dalam melancarkan haid. Bila Anda hendak minuman rebusan daun sirih, sebaiknya tidak dicampur dengan garam, karena akan membuat lambung terasa perih. Daun sirih saja sudah cukup membuat lambung Anda terasa perih. Jangan dipaksakan bila Anda tidak terbiasa meminumnya.

Bila segala upaya telah Anda lakukan dengan cara berbagi informasi dan tetap haid Anda tidak kunjung lancar, maka segeralah berkonsultasi pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

0 komentar

Post a Comment