10/04/2016

Inilah Tanda Haid Pertama yang Terjadi pada Seorang Remaja

Firdaus45.com - Tanda Haid Pertama Pada Gadis Remaja - Menstruasi atau haid adalah siklus bulan yang menjadi ciri khas dari seorang gadis remaja.

Haid pertama seorang gadis akan diperoleh ketika gadis tersebut sudah matang secara biologis yang menjadi penanda bahwa gadis sudah memasuki masa pubertas.

Pada umumnya, haid pertama kali akan dibarengi dengan rasa nyeri di bagian perut (Baca: Nyeri Haid).

Oleh karena itu, penting bagi seorang gadis untuk mengetahui bagaimana cara merawat daerah kewanitaan untuk mempersiapkan haid pertamanya.

Pada umumnya, setiap wanita gadis tidak terlalu mengerti akan perubahan tubuhnya. Apabila secara mendadak didapati ada bercak darah di dalam pakaian dalam, maka rasa panik dan bingung akan menghampiri gadis  tersebut.

Oleh karena itu, penting kiranya setiap gadis memperoleh pemahaman mengenai haid secara menyeluruh. Persiapan pertama yang perlu diketahui yaitu tanda-tanda yang muncul dari tubuh yang menjadi penanda bahwa haid pertama akan segera datang.

Beberapa tanda yang teramati sebagai tanda haid pertama dapat anda baca penjelasan berikut ini


1. Usia gadis
Pada umumnya, seorang wanita mendapatkan haid pertamanya ketika Dia berusia 8-15, usia yang masih sangat belia untuk mengerti soal masalah reproduksi wanita. 

Hal ini menjadi penyebab bahwa peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak gadisnya dan memberikan pemahaman mengenai apa itu menstruasi. 

Usia yang masih sangat belia tersebut membuat sebagian wanita akan panik, bingung dan malu jika harus menceritakan kejadian yang dialaminya kepada ke dua orangtuanya.

Haid pertama seorang gadis berbeda-beda, ada  beberapa gadis memperoleh haid pertamanya ketia berusia 8 atau 9 tahun. Adapula yang memperoleh haid pertamanya ketika berusia 14 atau 15 tahun.

Sebenarnya hal ini adalah kejadian yang normal terjadi, karena kematangan setiap gadis berbeda-beda. Ada faktor lain yang menyebabkan anak perempuan lebih cepat matang secara biologis.

Dalam bahasa medis, seorang anak perempuan yang telah mendapatkan haid pertama disebut dengan istilah menarche atau puber. Dalam hal ini, Gen sangat mempengaruhi kapan gadis tersebut memperoleh haid pertamanya.

Menstruasi pada seorang anak perempuan akan datang sendiri pada waktunya, sehingga tidak dapat dimajukan atau dimundurkan waktunya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda bertama kepada Ibu atau kakak perempuanmu, kapan mereka mendapatkan haid pertamanya. Ada kemungkinkan kamu juga akan mendapatkan haid pertamamu di usia yang sama seperti mereka.

Jika usiamu sudah menginjak angka 16 dan kamu masih juga belum mendapatkan haid, ada baiknya periksa ke dokter untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang salah.

2. Perhatikan perubahan dan pertumbuhan payudara 
Saat anda akan mendapatkan haid pertama anda, perubahan pada payudara menjadi sangat terasa. Salah satu tanda seorang gadis akan memasuki masa puber yaitu payudara yang semakin membesar, terasa lunak dan lebih sensitif. 

Setiap anak memiliki perubahan yang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Penting untuk anda ketahui, bahwa payudara yang anda miliki akan memiliki ukuran yang berbeda antara payudara kanan dan payudara kiri. Akan tetapi, jangan merisaukan hal ini, karena ini adalah hal yang wajar. Pada akhirnya nanti, kedua payudara anda akan memiliki ukuran yang sama, meskipun tidak benar-benar sama.

Ketika payudara anda tumbuh dan membesar dengan sangat cepat, biasanya juga akan dibarengi dengan rasa sakit pada bagian puting. Untuk melindungi payudara, sebaiknya anda mulai mengenakan bra. Mengenakan bra yang sesuai ukuran juga akan menjaga bentuk payudara agar tidak mengendur saat masa pertumbuhan. (Baca: Tips memilih bra yang sehat)

Menstruasi akan datang ketikan payudara sudah mulai tumbuh. Namun, ada sebagian orang yang baru mendapatkan haid beberapa tahun setelah payudaranya tumbuh. Sekali lagi, keadaan ini berbeda-beda bagi tiap orang. Namun setidaknya kamu sudah bisa mengira-ngira kapan kamu akan mendapat menstruasi pertama. (Baca: Cara mempertahankan payudara tetap kencang)

3. Tumbuhnya bulu, baik di kaki, lengan, ketiak dan daerah kewanitaan
 Munculnya bulu di beberapa bagian tubuh juga menjadi tanda bahwa haid pertama akan segera anda dapat. Bulu yang tumbuh di daerah kemaluan disebut dengan rambut pubes. Bulu ini memiliki tekstur yang kasar dan gelap. Dengan tumbuhnya bulu di daerah ini, berarti anda harus lebih sering-sering membersihkan daerah kewanitaan. Jika anda malas untuk membersihkannya, maka perlahan akan muncul bau tidak sedap pada daerah kewanitaan anda. (Baca: Cara menjaga daerah kewanitaan agar tidak bau)

Selain daerah kewanitaan, pada daerah ketika juga akan ditumbuhi bulu. Bulu yang tumbuh pada daerah ketiak anda akan menyebabkan anda lebih mudah berkeringat dan menimbulkan bau yang kurang sedap pada area sekitar ketiak. Jangan risau, anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan deodoran. Atau anda juga bisa mencukur bulu ketiak anda, akan tetapi saat anda mencukur bulu ketiak akan terasa sangat geli dan mengganggu. Rasa geli perlahan menghilang seiring tumbuhnya bulu. (Baca: Apakah deodoran dapat memicu kanker payudara?)

4. Bercak-bercak noda di celana dalam
Biasanya yang sering diabaikan yaitu bercak noda putih kekuningan atau kehijuan 6 bulan sebelum haid pertama datang. 

Noda ini akan semakin gelap dan kental menjelang minggu-minggu akhir haid pertamamu. Oleh karena itu jangan pernah abaikan gejala-gejala kecil yang muncul pada dirimu.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan pembalut agar noda-noda tersebut tidak sampai mengenai celana dalam kamu.

Saat memilih pembalut, sebaiknya pilihlah yang dianjurkan oleh dokter, bertekstur halus dan yang lebih penting saat digunakan terasa nyaman dan tidak menimbulkan rasa gatal di daerah selangkangan yang mengakibatkan selangkan menjadi hitam akibat gesekan dengan pembalut dan celana dalam.(Baca: Cara memutihkan selangkangan secara alami)

Tidak semua noda yang keluar pertama kali itu merupakan tanda haid pertama akan datang. Bisa jadi noda tersebut bertanda bahwa ada infeksi atau luka di badian dalam tubuh anda.

Saat terjadi infeksi di bagian dalam tubuh, noda yang keluar memiliki tekstur yang kental dengan bau yang tidak sedap dan dibarengi dengan gatal pada daerah kewanitaan. Jika ini terjadi, kamu harus segera mengunjungi dokter yang bisa meresepkan obat untukmu. (Baca: Gejala kanker serviks)

Bagi Anda yang belum pernah mengalami menstruasi atau akan segera memperoleh haid pertama kalinya, mungkin akan mengalami beberapa gangguan seputar menstruasi. Biasanya, akan terjadi kepanikan karena faktor belum pernah mengalaminya.

Persiapan yang harus dilakukan ketika menstruasi datang, untuk kamu yang belum pernah menstruasi harus baca ini. 

Belum pernah menstruasi? atau sedang mengalami tanda dan gejala awal menstruasi? Sebaiknya kamu harus tahu apa saja persiapan yang harus dilakukan ketika menstruasi datang menghampiri.

Menstruasi memang terkadang datang tanpa disadari oleh kita. Meskipun kita sudah sering mengalami menstruasi, namun tetap saja terkadang kedatangan menstruasi membuat kita kaget karena waktu datangnya yang tidak tepat misalnya.

Persiapan sebelum datangnya masa haid menjadi sangat penting bagi kamu yang baru saja mengalami menstruasi atau akan mengalami menstruasi.

Selengkapnya baca: Hal yang perlu dilakukan ketika haid pertama datang menghampiri