9/29/2016

Tips Menjaga Agar Janin Sehat dan Kuat di Trimester Pertama Kehamilan

Firdaus45.com - Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama Agar Janin Kuat - Saat hamil muda, seorang ibu hamil tentu harus dapat menjaga kondisi kehamilan agar selalu sehat. Apalagi saat masih Trimester pertama, kondisi janin yang masih rentan terhadap resiko keguguran mengharuskan seorang ibu hamil harus berhati-hati dalam menjaga kondisi tubuhnya.

Hamil muda adalah sebutan yang ditujukan pada ibu hamil dengan usia kehamilan 1-3 bulan atau disebut dengan trimester pertama. Pada masa ini memang banyak resiko yang dapat dialami seorang ibu hamil jika tidak hati-hati dalam menjaga kesehatan dan kondisi tubuh. Resiko yang paling berbahaya pada trimester pertama adalah resiko keguguran.

Pada saat masa awal kehamilan, kondisi tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan, terutama berkaitan dengan adaptasi tubuh pada hormon kehamilan yang terkadang menimbulkan keluhan kehamilan.

Keluhan kehamilan ini jika dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan yang tepat akan menyebabkan gangguan kesehatan bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Keluhan tersebut dapat disebabkan karena ibu hamil kekurangan gizi pada masa awal kehamilan.

Kekurangan gizi seringkali terjadi bila seorang wanita tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, sehingga tidak memperhatikan kebutuhan nutrisi tambahan yang dibutuhkan selama masa awal kehamilan. Padahal, dampak paling buruk yang bisa terjadi akibat kekurangan gizi saat hamil adalah terjadinya keguguran pada janin. Selengkapnya dapat Anda baca pada dampak kekurangan gizi saat hamil.

Menjaga kesehatan janin di trimester pertama - balitapedia.com

Bagaimana menjaga kandungan agar tetap sehat? berikut tips yang dapat anda pertimbangkan dalam menjaga janin agar tetap sehat.

Kondisi Ibu Hamil Muda
Setelah terjadinya pembuahan didalam tubuh maka wanita akan mengalami perubahan hormon,salah satunya produksi hormon HCG yang meningkat. Hormon kehamilan ini akan mempengaruhi kondisi ibu hamil,seperti mual,muntah,pusing,perubahan suasana hati, cepat lelah, mengalami flek (keluar darah), kram pada bagian perut,perubahan ukuran buah dada bahkan hingga mengalami ngidam.

Meskipun pada umumnya akan baik-baik saja hingga memasuki usia kehamilan trimester kedua akan tetapi kondisi perubahan diatas harus disikapi dengan cermat. Bahkan apabila ibu hamil mengalami mual dan muntah yang berlebih hingga menganggu aktivitas sehari-hari sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Ibu hamil juga harus menjaga pola hidup yang sehat, menghindari asap rokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, menjaga asupan makanan yang tercemar merkuri dan juga menjaga asupan nutrisi yang sehat selama kehamilan.

Motivasi dari suami sangat dibutuhkan pada trimester pertama apalagi perubahan hormon kehamilan yang akan mempengaruhi suasana hati ibu hamil. Tidak heran apabila ibu hamil marah-marah tanpa adanya penyebab yang jelas kemudian tiba-tiba menangis karena merasa kesepian bahkan dapat pula mengalami kurang percaya diri ketika sedang mengandung. Dengan peranan suami diharapkan akan membantu ibu hamil dalam menjaga kehamilan yang sehat dimulai pada awal kehamilan.

Kondisi Janin Awal Kehamilan
Kehamilan yang terbagi menjadi tiga trimester yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester akhir dimana ibu hamil harus siap mengalami perubahan fisik dan psikis yang disebabkan karena perkembangan dan pertumbuhan janin.

Pada perkembangan janin diawal kehamilan yaitu sekitar dua minggu setelah wanita telat datang bulan. Tubuh wanita akan melepaskan sel telur yang kemudian dibuahi. Rentang waktu selama satu minggu maka sel telur yang sudah dibuahi akan menempel pada dinding ragim dan melakukan perkembangan ,pada saat ini kesiapan plasenta dan juga ari-ari sudah berfungsi menyalurkan nutrisi dan oksigen ke janin.

Inilah pentingnya untuk mempersiapkan kebutuhan nutrisi dalam merencanakan kehamilan untuk mencukupi kebutuhan janin terutama kandungan asam folat dalam pembentukan diawal kehamilan. (Baca: Pentingnya asam folat bagi kesehatan tubuh)

Menjelang usia kehamilan 6 minggu maka dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan detak jantung janin dengan menggunakan doppler dan juga melihat kondisi janin dengan menggunakan USG. Bahkan lengan dan tungkai terbentuk menyerupai cabang.

Memasuki usia kehamilan 8 minggu pertumbuhan embrio yang pesat,organ dan saraf yang sudah mulai tumbuh. Meskipun dalam pemeriksaan USG janin dalam ukuran panjang kurang lebih 2.5 cm. Terakhir trimester pertama janin sudah membentuk semua organ dan juga jaringan yang lebih sempurna. Bahkan janin sudah dapat menggerakan kaki dan tangannya, bahkan membuka mulutny meskipun gerakannya masih halus dan kecil. Bahkan dari pemeriksaan USG ditemukan rambut halus ditubuh janin.


Tips dan Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama
Meskipun selama kehamilan anda hanya dipantang mengkonsumsi minuman beralkohol,merokok/perokok pasif dan makanan yang mengandung merkuri selebihnya anda bebas untuk mengkonsumi makanan,hanya saja bukan berarti anda menyampingkan kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Pada trimester pertama kehamilan pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil dipengaruhi oleh asupan makanan yang sehat.Sehingga ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup dalam mendukung perkembangan janin.Apalagi ibu hamil diawal kehamilan akan mengalami sensitivitas terhadap makanan tertentu. Pilihlah makanan yang mengandung asam folat,vitamin,protein dan mineral yang cukup. Inilah panduan kebutuhan nutrisi diawal kehamilan:

1. Jenis Sayuran Hijau, Putih dan Berwarna lainnya
Sebaiknya ibu hamil memilih semua jenis sayuran baik yang berwarna hijau, sayuran berwarna orange seperti wortel dan jenis sayuran lainnya . Sayuran juga dapat membantu ibu hamil dalam mengatasai mual dan muntah yang seringkali dikenal dengan istilah morning sickness. Ibu hamil disarankan banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam yang kaya akan kandungan zat besi dalam pembentukan hemoglobin didalam tubuh.

2. Konsumsi Buah-Buahan
Selama kehamilan ibu hamil seringkali mengalami lelah dan lesu,sehingga membutuhkan makanan yang dapat meningkatkan stamina. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan stamina.

3. Makanan yang Mengandung Protein
Ikan adalah salah satu menu makanan yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil,membantu dalam pembentukan otak janin selama kehamilan. Sehingga ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jenis ikan,termasuk ikan laut.

4. Sereal dan Kacang
Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual dan muntah ketika mengkonsumsi nasi, dapat mencoba menu sarapan dengan sereal. Aneka sereal yang mengandung vitamin B,kalsium dan karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk mendukung aktivitas ibu hamil dan kebutuhan nutrisi janin. (Baca: Tips Menjaga Agar Kandungan Sehat dan Kuat)