2/23/2016

Inilah Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba

Inilah Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba

Firdaus45.comJenis Olahraga yang Cocok Untuk Penderita Kolesterol - Berolahraga memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berolahraga selain membuat badan terasa ringan dan fresh, juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi juga sangat banyak.

Olahraga merupakan bukan hal yang sangat mebosankan jika dilakukan secara teratur dan santai serta tidak berlebihan. Penderita kolesterol tinggi sebenarnya disarankan aktif berolahraga, namun dengan teratur. Terkadang masih banyak penderita yang tidak begitu tertarik dengan berolahraga, sehingga proses penurunan kolesterol dalam tubuh sangat melambat.

Padahal cara menurunkan kolesterol tinggi sangat diperlukan dengan olahraga yang rutin dan teratur.

olahraga untuk penderita kolesterol dan asam urat olahraga untuk penyakit kolesterol olahraga yang tepat untuk penderita kolesterol olahraga bagi penderita kolesterol tinggi olahraga buat penderita kolesterol olahraga utk penderita kolesterol olahraga penyakit kolesterol olahraga untuk penderita kolesterol olahraga untuk penderita kolesterol tinggi olahraga penderita kolesterol olahraga yang baik untuk penderita kolesterol olahraga yg baik untuk penderita kolesterol olahraga yang cocok untuk penderita kolesterol

Kolesterol tinggi  dalam darah yang dibiarkan terlalu lama akan berefek sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan. Penderita koleseterol tinggi jika tidak segera melakukan tindakan untuk mengatasinya dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan penyakit. Penyakit yang kerap terjadi akibat kolesterol tingggi adalah  penyakit jantung dan penyakit stroke.

Hal ini disebabkan karena kolesterol sangat erat kaitannya dengan kesehatan pembuluh darah.  Pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah yang semakin menumpuk akan mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Sehingga jantung bekerja lebih keras karena kesulitan dalam memompa darah keseluruh tubuh.

Untuk itu diperlukan dorongan dengan melakukan aktifitas fisik salah satunya berolahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur memberikan peran yang sangat besar terhadap jumlah kadar kolesterol dalam tubuh.   Membiasakan diri dengan melakukan olahraga akan mendorong untuk mengaktifkan sel-sel tubuh yang tidak berkeja secara maksimal. Sehingga tidak akan mudah mengalami masalah pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi.

Bagi penderita kolesterol tinggi yang malas melakukan olahraga, selama melakukan diet untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, kemungkinan besar turunnya kolesterol dalam tubuh tidak berjalan lancar atau mengalami hambatan. Penderita kolesterol tinggi yang aktif melakukan aktifitas olahraga dapat membantu jantung dalam proses mengalirkan darah untuk mengantar oksigen dan nutrisi  keseluruh tubuh.

Lancarnya sistem metabolisme tubuh dalam melakukaan aktifitasnya tentunya akan mengurangi pengendapan koleseterol dalam tubuh. Karena darah pada pembuluh darah mengalir dengan lancar. Sehinga resiko menumpuknya kolesterol tinggi dapat terminimalisir.

Penderita kolesterol tinggi diusahakan lebih giat berolahraga atau setidaknya seminggu dua sampai tiga kali. Karena kekurangan berolahraga dapat mengakibatkan kadar kolesterol  sulit terkontrol.

Manfaat berolahraga secara teratur dapat membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein) dalam tubuh. Kadar kolesterol HDL (high-density lipoprotein) memiliki peran penting untuk mengambil penumpukan lemak dalam pembuluh arteri dan kemudian dikembalikan lagi menuju organ hati untuk diuraikan kembali.

Seperti yang telah diungkapkan dari hasil sebuah penelitian oleh para ahli, menyatakan bahwa penderita kolesterol tinggi yang rajin berolahraga secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol LDL lebih cepat. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak alasan tertentu.

Beberapa alasan yang menjadikan olahraga sangat berkaitan erat dengan kadar kolesterol dalam tubuh antara lain adalah

Alasan Pertama, berolahraga mampu meproduksi enzim yang berperan untuk membantu proses memindahkan kolesterol LDL dalam darah terutama pada pembuluh arteri kemudian dikembalikan menuju ke hati untuk diubah menjadi asam empedu.

Asam empedu ini diperlukan melancarkan proses pencernaan kadar lemak dalam darah. Semakin rutin  berolahraga dengan teartur maka kadar kolesterol LDL dalam tubuh akan semakin berkurang sampai menuju ke titik normal.

Alasan Kedua, Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan jumlah partikel protein dalam tubuh. Tugas dari partikel protein tersebut adalah untuk melarutkan kadar kolesterol dalam darah. Semakin besar jumlah partikel protein yang terproduksi, maka akan semakin besar manfaatnya untuk mencegah terjadinya pengendapan kadar kolesterol jahat dalam lapisan pembuluh darah dan jantung. Terjadinya pengendapan kolesterol jahat dalam pembuluh darah akan berakibat pada gangguan penyakit jantung.

Dengan demikian penderita yang mengalami kenaikan kadar koleseterol jahat semakin tinggi. Maka mulai saat ini juga lakukan gerakan rutin atau berolahraga secara teratur. Jadi cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, tidak hanya mengkonsumsi obat herbal ataupun mengkonsumsi  makanan penurun kolesterol untuk menurunkan kolesterol tinggi saja. 

 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.
  • Aerobik, senam aerobik memiliki peran yang sangat penting untuk membuat otot-otot organ jantung memompa darah lebih kuat dan stabil. Sehingga mampu meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran kadar lemak dalam darah. 
  • Bersepeda, berenang dan berlari, merupakan jenis olahraga bertenaga yang mampu membuatkan kinerja organ jantung bekerja lebih cepat dan mampu  merangsang pembentukan enzim tertentu untuk menguraikan kolesterol LDL dari darah ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat maupun urin.
  • Yoga, menurut hasil dari sebuah penelitian senam yoga secara rutin dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL hingga 35%. Selain itu, yoga juga dapat merangsang pembentukan kadar HDL dalam tubuh meningkat.
  • Taichi, menurut hasil dari sebuah studi penelitian, gerakan taichi yang dilakukan secara rutinb dan teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam jumlah besar yakni 12 % hingga 15 %  dan mampu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh hingga 7 %.

Batas Ideal Waktu Berolahraga
Banyaknya waktu olahraga yang diperlukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi tentunya ada jumlah idealnya.  Menurut panduan yang berlaku secara umum batas minimal waktu berolahraga yang ideal selama sekitar 150 menit dalam seminggu.  Waktu olahraga selama kurang lebih 150 dalam satu minggu sudah mampu untuk membakar kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Sehingga mendorong jumlah kadar kolesterol tubuh menajdi stabil.
  
Tips yang bermanfaat untuk olahraga yang sehat

Melakukan  kegiatan olahraga tidak harus pas dengan ukuran 150 menit perminggunya. Namun yang menjadi patokan waktu ideal berolahraga adalah kurang lebihnya mendekati angka 150 menit. Melakukan olahraga seperti bersepeda, berenang atau jogging secara kontinyu selama  20 menit setiap hari sudah mendekati batas ideal dan mampu meberikan manfaat untuk membantu mempercepat penuruan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Agar tidak cepat merasa bosan melakukan olahraga harus yang sesuai dengan keinginan hati dan mudah untuk dilakukan atau dengan mengajak teman maupun keluarga untuk berolahraga bersama.

Selain berolahraga, penderita kolesterol tinggi harus memperhatikan gaya hidup sehat lainnya dengan menerapkan  menu makan sehat, mengkonsumsi sayuran berserat tinggi dan buah-buahan salah satunya seperti buah jeruk nipis. Buah jeruk nipis memiliki banyak zat antioksidan yang sangat diperlukan untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol tinggi. Selain dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jeruk nipis juga dapat digunakan untuk kecantikan wanita salah satunya memutihkan daerah kewanitaan.

Membahas tentang jeruk nipis memang tidak ada habisnya, karena manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis sangat berlimpah. Namun dalam artikel ini fokus membahas masalah kolesterol tinggi tidak banyak membahas manfaat jeruk nipis. Untuk itu, jika ingin mengetahui manfaat jeruk nipis lebih banyak, baca selengkapnya dalam artikel Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh.