6 Sumber Makanan Yang Banyak Mengandung Yodium, Bagus Untuk Kesehataan Ibu Hamil

6 Sumber Makanan Yang Banyak Mengandung Yodium, Bagus Untuk Kesehataan Ibu Hamil - Salah satu sumber mineral yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh diantaranya adalah Yodium. Manfaat yodium memang sangat berlimpah. Banyak sel tubuh yang memerlukan fungsi yodium. Namun sudah tahukah apa itu yodium?

Yodium merupakan sejenis mineral yang berperan untuk mengontrol atau mengendalikan jalannya kelenjar tiroid dalam tubuh. Kelenjar tiroid membutuhkan asupan sumber yodium yang sangat tinggi terutama saat dalam proses diet. Kekurangan mineral yodium dalam kesehariannya dapat ,menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan tubuh.

Dalam kehidupan sehari-hari, ibu hamil sangat memerlukan kebutuhan macam-macam makanan yang banyak mengandung yodium. Makanan sebagai sumber yodium itu manfaatnya sangat penting bagi ibu hamil.

Senyawa yodium  tidak lepas kaitannya dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh dalam menghindari depresi, stres, penyakit kanker. serta menjaga kesehatan rambut dan lain sabagainya. Untuk itu setiap orang perlu mengetahui sumber makanan yang kaya akan kandungan senyawa yodium.

Jenis Makanan Sebagai Sumber Zat Yodium

Secara umum, zat yodium banyak ditemukan pada salah satu bumbu dapur yaitu garam. Namun bukan berarti zat yodium hanya terdapat pada garam saja, melainkan masih banyak makanan yang mengandung zat yadium secara alami.  Walaupun banyak mengandung yaodium, dalam memanfaatkan garam untuk kebutuhan konsumsi setiap hari tidak boleh secara  berlebihan.

Kelebihan  dalam mengkonsumsi garam dalam setiap harinya dapat menyebabkan tekanan dara tinggi. Karena struktur penyusun dalam garam bukan hanya zat yodium, melalinkan masih banyak zat lainnya yang terkandung dalam garam. Kebutuhan zat yodium harian seperti yang telah direkomendasikan kurang lebih sekitar 150 mcg.  Berikut ini beberapa jenis makanan yang benyak mengandung zat yodium selain pada garam.

1. Rumput Laut


Zat yodium merupakan seenis mineral yang banyak ditemukan pada tumbuhan rumput laut. Selain zat yodium, juga terdapat mineral lainnya yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan zat yodium setiap per satu sendok teh rumput laut sekitar 2.000 mcg. Sehingga untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari rumput laut tidak boleh secara berlebihan. Cara sederhana mengkonsumsi rumput laut yaitu dijadikan sebagai menu campuran salad.

2. Keju

Keju merupakan sejenis makanan yang banyak mengandung yodium, kalsium, vitamin B dan protein lainnya. Mengkonsumsi keju secara teratur mampu menjaga kesehatan tulang serta menguatkan tulang. Setiap perlimapuluh gram potongan keju mengandung zat yodium sekitar 15 mcg. Selain itu, juga dapat memenuhi kebutuhan yodium dalam keseharian.

3. Kentang


Kentang selain banyak megandung karbohidrat, juga merupakan jenis tanaman yang kaya akan kandungan zat yodium. Mengkonsumsi kentang secara rutin dapat memenuhi kebutuhan yodium sekitar sebanyak 60 mcg perharinya. Untuk mengkonsumsi kentang sebaiknya memilih jenis kentang yang baik, misalnya jenis kentang organik.

4. Strawberry

Buah strawberry merupakan  jenis buah yang kaya akan jumlah nutrisinya salah satunya adalah zat yodium. . Dalam setiap satu cangkir buah strawberry segar mengandung sekitar 10% kebutuhan yodium, yaitu sekitar 13 mcg. Sehingga dengan mengkonsumsi buah stroberry secara teratur mampu mencukupi kebutuhan asupan zat yodium harian.

5. Ikan Kod

Makanan laut atau yang secara umum lebih dikenal dengan istilah seafood juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat yodium, salah satu jenis ikan yang yang menjadi sumber yodium yang baik adalah ikan kod. Ikan jenis ini rendah akan kalori, merupakan sumber vitamin E, magnesium, kalsium, potasium, serta memiliki kadar yodium tinggi. Kandungan zat yodium pada ikan Kod sekitar 99 mcg. Kandungan kadar yodium dalam ikan kod mampu mencukupi kebutuhan harian yang diperlukan tubuh hingga sebanyak 60%.

6. Cranberries


Cranberries merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak memiliki manfaat dalam mengontrol kelenjar tiroid dalam tubuh. Buah Cranberries dikenal banyak mengandung zat yodium. Setiap 4 ons buah cranberries, mengandung mineral yodium sebanyak sekitar 400 mcg. Dengan demikian mengkonsumsi buah Cranberries secara taratur memiliki peran yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Loading...

Haid