Inilah Jenis Makanan dan Minuman Yang Mampu Meningkatkan Energi

Luar Biasa!! Mengkonsumsi Ini, Mampu Meningkatkan Energi


Firdaus45 - Kesehatan. Mengkonsumsi macam-macam jenis minuman berenergi yang bagus dan baik memang dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan energi dalam tubuh dengan cepat serta meningkatkan fisik menjadi lebih kuat. Namun, itu hanya yang bersifat alami atau minuman dan makanan penambah energi secara alami. Tidak jarang pula banyak sebagian orang mengkonsumsi berbagai macam merk minuman berenergi yang beredar dipasaran secara terus menerus.

Bahkan banyak yang menganggap merk minuman benergi terpopuler paling bagus dan aman untuk dikonsumsi.

Luar Biasa!! Mengkonsumsi Ini, Mampu Meningkatkan Energi

Padahal secara tidak disadari lama-kelamaan minuman berenergi tersebut akan berdampak tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan minuman tersebut berbahan dasar tidak lepas dari kafein, gula, dan bahan kimia lainnya.

Jika membutuhkan dorongan energi yang super ekstra, tidak harus dengan mengkonsumsi bahan-bahan minuman berenergi yang beredar dipasaran yang belum tentu terjamin kesehatannya. Untuk itu, agar mendapatkan efek minuman berenergi yang lebih aman. Ada beberapa jenis makanan dan minuman alami yang dapat dijadikan sebagai penggganti minuman berenergi buatan secara kimiawi. Beberapa bahan-bahan alami ini tidak kalah penting manfaatnya untuk meningkatkan kebutuhan energi sekaligus meringankan kelelahan yang aman untuk kesehatan.

Jenis-jenis makanan dan minuman alami ini secara umum banyak  mengandung senyawa antioksidan yang berupa quercetin. Quercetin merupakan sejenis antioksidan yang dapat berperan untuk membantu proses pembentukan mitokondria baru dalam sel-sel tubuh.

Mitokondria sendiri memiliki peran sebagai sumber kekuatan sel-sel dalam tubuh. Dimana organel Mitokondria  ini, peran utamanya dalam membantu otot untuk mengambil jumlah oksigen secara maksimal saat melakukan aktivitas fisik.

Mau tahu apa saja jenis-jenis makanan dan minuman tersebut? Berikut ini beberapa jenis makanan alami yang dapat menggantikan fungsi minuman berenergi.

1. Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sejak jaman nenek moyang, jenis teh hijau ini dapat dijadikan minuman utama sebagai penambah energi. Kandungan nutrisi dalam setiap 100gr teh hijau yang diseduh terdapat sekitar 1,69mg quercetin.

Tidak hanya berperan untuk membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan sumber energi. Kandungan kadar quercetin pada teh hijau  sanagt tinggi dan rendah kandungan kadar kafein sehingga sesuai untuk dikonsumsi sebelum  berolahraga.

2. Bawang Merah

Setiap orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan namanya bawang merah. Jenis tumbuhan yang dikenal sebagai bumbu dapur ini  setiap per 100 gr nya. Banyak mengandung energi yang mampu meningkatkan quercetin sekitar 20mg. Zat quercetin dalam bawang merah mampu meningkatkan sumber energi tubuh serta  memiliki efek pada peningkatan stamina. Selain itu, resiko terjadinya peradangan tubuh, timbulnya alergi dan masalah pernapasan dapat diatasi dengan bawang merah.

3. Buah Apel

Buah apel juga kaya akan jumlah kandungan quercetin. Pada satu buah apel yang sudah dikupas dengan ukuran sedang terdapat sekitar 10mg quercetin didalamnya. Buah Apel merupakan salah satu jenis buah yang dapat menjadi makanan terbaik saat sedang kelelahan atau energi tubuh sedang berada pada titik kritis. Selain dimakan secara langsung juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau smoothies.

4. Buah Tomat

Jumlah kandungan senyawa quercetin dalam 100gr buah tomat  tedapat sekitar 58mg. Selain itu, vitamin B6 dan zat besi yang terkandungnya juga mampu untuk membantu tubuh dalam memasok lebih banyak oksigen menuju seluruh otot tubuh. Buah tomat dan bawang merah jika dikombinasikan dapatt meninggkatkan dorongan energi yang lebih kuat.

5. Buah berry

Buah berry memilki banyak macamnya dianataranya jenis blueberry dan blackberry. Setiap per 100 gram Buah blueberry  mengandung senyawa quercetin sekitar 7,67mg sedangkan daalam buah blackberry dalam jumlah yang sama terdapat 3,58 mili gram quercetin. Kedua jenis buah berry tersebut dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya nyeri pada otot-otot tubuh setelah melakukan latihan. Selain itu, jenis buah ini juga dapat berperan untuk meningkatkan stamina dan fisik yang lebih kuat serta mengurangi resiko penyakit peradangan tubuh.

6. Buah Ceri

Buah ceri merupakan jenis buah yang kaya akan  jumlah antioksidan. Buah yang memiliki rasa khas yang menyegarkan ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Setiap per 100 gram buah Ceri  mengandung quercetin sekitar 2,29 mili gram. Buah yang memiliki warna merah cerah tersebut dapat bermanfaat untuk  meningkatkan kinerja fisik tubuh dan meredakan nyeri otot setelah melakukan aktifitas olahraga ataupun bekerja berat.

Jenis makanan dan minuman tersebut sangat cocok dijadikan sebagai pengganti minuman berenergi pabrikan. Baik dikonsumsi sebelum ataupun setelah  melakukan aktivitas fisik tinggi atau berat seperti olahraga. untuk meningkatkan dan memulihkan energi.

Haid