1/08/2016

8 Manfaat Ikan Dorang untuk Kesehatan dan juga Ibu Hamil

8 Manfaat Ikan Dorang untuk Ibu Hamil

Asupan ikan memang baik untuk kesehatan ibu hamil, terutama dalam menjaga kesehatan kandungan. Menjaga kesehatan kadungan diperlukan peran yang super ekstra serta mencukupi kebutuan nutrisi. Dengan kebutuhan  nutrisi yangg cukup maka pertumbuhan dan perkembang janin dalam kandungan lebih maksimal.

Mencukupi kebutuhan nutrisi salah satunya dengan mengkonsumsi jenis ikan dorang. Kandungan nutrisi dalam ikan dorang sangat berlimpah. Sebelumnya ada baiknya menganal tentang ikan dorang terlebi dahulu.

Ikan dorang secara fisik hampir mirip dengan Ikan Dori. Namun ciri-ciri  utama dari ikan dorang adalah memiliki daging yang kenyal dan lezat. Ikan dorang dapat hidup pada air dangkal. Ikan dorang biasa disuguhkan sebagai ikan acar kuning atau dengan bumbu.

Ikan dorang ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Karena manfaatnya sangat luar biasa. Berikut ini beberapa manfaat ikan dorang untuk kesehatan ibu hamil serta kesehatan janin yang dikandungnya.

1. Sebagai sumber penambah protein

Ikan dorang banyak memiliki sumber protein baik cocok untuk meningkatkan perkembangan pertumbuhan janin. Selain itu, kandungan zat besi dan manfaat seng sangat berlimpah. Nutrisi tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin bayi. Tidak kala penting, kandungan omega 3 pada Ikan dorang dapat berperan baik untuk mempercepat pertumbuhan otak janin. Senyawa Omega 3 tersebut diperlukan untuk meningkatkan respon kinerja otak bayi setelah diahirkan.

2. Mencegah penyakit autoimun

Jumlah kandungan asam amino essensial pada ikan dorang dapat berperan untuk memperbaiki semua sel janin dari kulit hingga otot dan rambut. Ikan doran sudah terbukti mampu meningkatkan kekuatan otak pada janin, terutama pada saat trismester ketiga. Pertumbuhan bayi yang subur mampu menguatkan daya dorong memori janin. Selain itu, jua dapat mencegah resiko penyakit autoimun. Penyakit autoimun merupakan sejenis penyakit yang menyebabkan kekebalan tubuh salah fungsi,sehingga dapat merusak jaringan tubuh yang sehat pada bayi

3. Menyehatkan kemampuan mental

Mengkonsumsi ikan dorang dapat bermanfaat untuk meningkakan keseatan mental bayi. Seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah study oleh ilmuwan inggris, Menyatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi ikan secara teratur setiap minggunyamampu meningkatkan kemampuan mental pada anak-anak  Studi tersebut dipublikasikan di lancet, Bristol, Inggris.

4. Mengurangi resiko penyakit asma pada janin saat sudah lahir

Mengkonsumsi mengkonsumsi ikan dorang dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya serangan penyakit asma pada bayi. Penyakit asma jenis penyakit yang dapat mengakibatkan peradangan kronis pada saluran pernafasan. Dengan demikian maka bayi akan tterhindar dari masalah tersebut.

5. Mencegah bayi prematur

 Asupan omega 3 yang baik dari ikan dorang dapat menurunkan resiko terjadinya kelahirtan bayi prematur. Bayi  merupakan kelahiran bayi lebi dini tau lahir sebelum waktunya. Selain itu, dapat menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah.

6. Meningkatkan kualitas tidur lebih baik

Terkadang sebagian besar ibu hamil banyak yang mengalami gangguan susah tidur dan tidur terasa tidak nyenyak. Dengan demikian, mengkonsumsi ikan dorang secara teratur mampu meningkatkan ketenangan  ibu hamil serta meningkatkan kualitas tidur yang baik.

7. Meningkatkan asupan vitamin D

Ibu hamil juga diperlukan kebutuan vitamijn D yang cukup. Selain matahari pagi, ikan dorang banyak memiliki kandungan vitamin D yang cukup,.

8. Mengurangi terjadinya depresi pada ibu hamil

Kandungan nutrisi dalam ikan dorang mampu mengurangi atau menurunkan depresi ibu hamil. Tingka depresi pada ibu hamil yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan janin, serta penurunan energi dan kehilangan akan minat dalam kegiatan. Selain itu jua dapatt meningkatakan kesehatan jantung.

Jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jenis ikan dorang yan masih segar. Karena ikan yang masih segar memiliki nilai gizi yang baik. Selain untuk ibu hamil, ibu yang pada masa pemberian ASI mengkonsumsi 8-12 ons atau 2 -3 porsi ikan setiap minggunya juga sanagt baik.

Baca juga: Manfaat kacang merah untuk kesehatan dan juga ibu hamil

0 komentar

Post a Comment